5 Ciri PCB AC Rusak


Kerusakan pada Fuse atau Sekering

PCB AC yang rusak bisa dikenali dengan melihat pada bagian fuse atau sekering. Jika sekering mengalami kondisi mati total maka besar kemungkinan memang PCB AC rusak. Cek dengan alat multitester dan lihat apakah jarumnya bergerak atau tidak. Jika jarum pada multitester tidak bergerak sama sekali artinya memang fuse mati dan itu menunjukkan bahwa ada indikasi kerusakan pada PCB.

Sensor Rusak

Pernahkah Anda mengalami remote AC macet dan tidak bisa digunakan untuk mengendalikan pendingin ruangan tersebut? Kalau iya mungkin Anda akan langsung berpikir bahwa baterai remote habis atau remote error padahal itu belum tentu benar.

Penyebabnya bisa jadi adalah PCB AC yang rusak. Artinya kerusakan pada PCB AC mempengaruhi sensor sehingga tidak bisa terhubung dengan remote. Jika ini terjadi cek dengan menggunakan voltmeter.

Thermistor Rusak

Thermistor adalah komponen pada AC yang berfungsi sebagai alat pengukur suhu. Thermistor yang mati juga akan membuat AC mati sehingga tidak akan bisa mendinginkan ruangan.

Untuk mengecek kerusakan pada thermistor bisa dilakukan dengan cara periksa pada tegangan DC thermistor. Hubungkan thermistor ke controller dan muttitester. Sebagai contoh jika suhu ruangan 150°C dan hasil pengukuran menunjukkan angka 1,5 itu artinya thermistor normal.

Rusaknya IC Program

IC program pada AC merupakan mikrokontroler yang bertugas untuk mengatur sistem kerja dari unit AC. PCB AC yang rusak bisa dilihat dari adanya masalah pada IC program tersebut. Gangguan pada IC program ini juga akan membuat AC mati.

Untuk memastikan, Anda bisa melakukan pengecekan dengan memberikan tegangan dan lihat apakah ada respon atau tidak. Jika tidak maka berarti memang IC program mati.

Pin Konektor dan Jalur PCB Rusak

Jika lampu indikator pada AC tidak mau menyala maka bisa jadi kasus inilah yang terjadi. Kerusakan pada pin konektor dan jalur PCB pada modul kontrol AC akan menyebabkan lampu indikator mati.

Booking Jasa Service AC/Kulkas dan Mesin Cuci
SAHABAT TEKNIK
Telp/Wa : 085276321248 / 082272686688
Fb : Sabahat Teknik
IG : @sahabatteknik_
Email : sahabattekniktembung@gmail.com

Visi Misi

Visi :
Menjadi salah satu jasa Service AC yang berpengaruh di Indonesia pada umumnya dan di Medan dan Sumatera Utara Khususnya. Menjadikan Service AC CV Sahabat Indo Grub menjadi pilihan utama masyarakat dalam mengatasi masalah pada mesin pendingin. Menjadi Perusahaan CV Sahabat Indo Grub Jasa Service AC yang dipercaya dan menyenangkan bagi pelanggan.

Misi :
Memberikan pelayanan serta solusi yang cepat dan tepat kepada pelanggan dalam mengatasi permasalahan mesin pendingin. Meningkatkan mutu pelayanan dibidang jasa service ac atau mesin pendingin. Menjalin hubungan baik dengan seluruh pelanggan dan memastikan pelanggan mendapatkan pelayan yang terbaik. Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan perusahaan CV Sahabat Indo Grub.



Address

Jl. Karya Sastra No.9, Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371

+082272686688 - 081360621210

cvsahabatindogrub@gmail.com