Tips Merawat AC Agar Awet dan Tahan Lama Tidak Cepat Rusak


Sama seperti peralatan lainnya, pendingin ruangan atau air conditioner (AC) perlu dirawat dengan baik. Perawatan AC secara teratur dapat membuat barang elektronik tersebut tahan lama dan terus dingin.

Jika AC mengalami kerusakan berat, ada baiknya kita segera memanggil teknisi. Namun untuk perawatan rutin, hal ini bisa kita lakukan secara mandiri, lho. Ayo ikuti langkah-langkah di bawah ini agar AC tidak cepat rusak dan terus dingin serta tahan lama!

 

4 Tips Merawat AC Agar Awet, Tahan Lama, dan Tetap Dingin

1. Rutin membersihkan filter AC

Salah satu penyebab AC tidak dingin yaitu disebabkan oleh penyaring atau filter yang kotor. Kamu bisa membersihkan filter AC ini minimal satu bulan sekali atau dua kali jika kondisi rumah memiliki hewan peliharaan berbulu. 

Filter AC yang jarang dibersihkan dapat mengurangi waktu penggunaan AC sekaligus mempengaruhi konsumsi daya listrik. Selain itu, kualitas udara yang kamu hirup jadi tidak bersih lagi sehingga akan mengganggu kenyamanan.

2. Tidak menggunakan suhu di bawah 22°C

Saat hendak menyalakan AC biasanya kita langsung mengatur suhu yang paling rendah agar ruangan jadi lebih cepat dingin. Hal ini sangatlah salah. 

Misalnya kamu memiliki AC standar dan ingin suhu ruangan lebih rendah atau 20°C. Penggunaan AC standar (non-inventer) jika langsung pada suhu ini dapat membuat, kompresor bekerja lebih keras untuk mencapai suhu tersebut. 

Selanjutnya saat AC sudah mencapai suhu tersebut, ia akan mengeluarkan angin. Dan kompresor bekerja keras jika sudu kembali normal. Penggunaan alat elektronik AC yang seperti itu dapat membuat AC cepat rusak dan tidak akan bertahan lama.

3. Periksa freon dan cuci AC

Freon adalah pendingin pada AC dan cara agar AC tetap dingin yaitu dengan memastikan tidak kekurangan freon. Untuk hal yang satu ini, kamu memerlukan teknisi. Buatlah jadwal perawatan AC dengan teknisi secara rutin, misalnya 3 bulan sekali.

4. Matikan AC saat tidak digunakan

Cara merawat AC yang satu ini terbilang susah-susah gampang untuk diterapkan. Mulailah matikan AC saat tidak digunakan seperti saat kamu pergi meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama. Tidak hanya AC, tetapi juga seluruh alat elektronik lainnya. Aktivitas ini penting dilakukan untuk menghemat biaya penggunaan listrik sekaligus mencegah kecelakaan seperti kebakaran.

Booking Jasa Service AC/Kulkas dan Mesin Cuci
SAHABAT TEKNIK
Telp/Wa : 085276321248 / 082272686688
Fb : Sabahat Teknik
IG : @sahabatteknik_
Email : sahabattekniktembung@gmail.com

Visi Misi

Visi :
Menjadi salah satu jasa Service AC yang berpengaruh di Indonesia pada umumnya dan di Medan dan Sumatera Utara Khususnya. Menjadikan Service AC CV Sahabat Indo Grub menjadi pilihan utama masyarakat dalam mengatasi masalah pada mesin pendingin. Menjadi Perusahaan CV Sahabat Indo Grub Jasa Service AC yang dipercaya dan menyenangkan bagi pelanggan.

Misi :
Memberikan pelayanan serta solusi yang cepat dan tepat kepada pelanggan dalam mengatasi permasalahan mesin pendingin. Meningkatkan mutu pelayanan dibidang jasa service ac atau mesin pendingin. Menjalin hubungan baik dengan seluruh pelanggan dan memastikan pelanggan mendapatkan pelayan yang terbaik. Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan perusahaan CV Sahabat Indo Grub.



Address

Jl. Karya Sastra No.9, Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371

+082272686688 - 081360621210

cvsahabatindogrub@gmail.com