Cara Mengatur Suhu AC Agar Sejuk & Nyaman untuk Tidur


Untuk dapat suhu terbaik, dibutuhkan beberapa pengaturan khusus. Berikut cara mengatur suhu AC agar sejuk dan nyaman untuk tidur.

Air conditioner (AC) adalah alat elektronik yang berfungsi untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan nyaman.

Perangkat pendingin ruangan ini menggunakan sistem pengaturan suhu dengan remote AC yang disediakan pada paket penjualan ketika membeli AC tersebut.

Namun, untuk mendapatkan suhu dingin yang maksimal, perlu memperhatikan beberapa hal terutama dalam mengatur suhu AC dengan menggunakan remote. Simak tips dan langkah berikut ini!

Cara Mengatur Suhu AC agar Dingin Maksimal

Sekarang kamu tidak akan kedinginan ketika tidur malam. Nah, ikuti cara-cara berikut supaya kamu dapat tidur nyaman dengan suhu AC yang sejuk, Toppers!

1. Tentukan Suhu Standar AC yang Tepat 

Cara mengatur suhu AC yang pertama adalah dengan menentukan suhu standar yang paling tepat untuk ruanganmu. Sesuaikan suhu tersebut dengan kondisi suhu di luar ruangan. Biasanya suhu standar AC adalah sekitar 22-25 derajat Celsius (°C) .

2. Turunkan Suhu AC secara Bertahap

Jika dirasa suhu AC kurang maksimal, kamu bisa menurunkan suhu tersebut secara bertahap sampai menemukan suhu yang tepat. Turunkan satu derajat lebih rendah hingga menemukan suhu yang tepat.

3. Pastikan AC Dalam Mode Cool

Berikutnya, pastikan AC milikmu sudah dalam mode cool. Karena mode ini memungkinkan AC bekerja untuk mendinginkan ruangan lebih maksimal. Biasanya, mode yang ditandai dengan simbol “?” atau tulisan cool ini bisa membuat suhu dalam ruangan menjadi lebih sejuk dengan cepat.

4. Atur Perputaran Kipas Menjadi Maksimal

Cara mengatur suhu AC berikutnya adalah dengan memaksimalkan perputaran kipas AC. Dengan mengatur perputaran kipas AC pada tingkat tertinggi maka udara dingin lebih cepat merata ke seluruh ruangan.

Namun, kamu harus memperhatikan arah semburan angin AC agar tidak mengenai tubuh yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

5. Gunakan Mode Swing pada AC

Pada unit indoor AC terdapat bagian kisi yang berguna untuk mengatur arah semburan angin AC.

Nah, kamu bisa memaksimalkan suhu ruangan dengan memanfaatkan kisi AC ini, yaitu dengan cara menggunakan mode swing yang terdapat pada remote AC.

Mode swing berguna untuk menggerakan kisi AC naik dan turun secara terus menerus, sehingga hembusan angin AC lebih merata dan suhu ruangan menjadi cepat dingin.

6. Jangan Paksa AC Bekerja Lebih Keras

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pengguna AC adalah memaksakan perangkat ini menyentuh suhu yang tidak ideal ketika kondisi cuaca sedang panas.

Misalnya, suhu pada siang hari begitu panas lebih dari 30 °C, tapi kamu memaksakan AC dengan mengatur suhu di angka 18 °C.

Ini hanya akan membuat AC bekerja lebih keras, sementara suh yang bisa diberikan sebenarnya tak akan mencapai serendah itu.

Jadi, saat cuaca sedang panas terutama di siang hari, sebisa mungkin jangan setting suhu AC di bawah 20 °C. Lebih baik kamu atur suhunya di angka sekitar 24-25 °C.

7. Tips agar Suhu AC Tidak Terlalu Dingin

  • Atur Suhu Awal pada Suhu 28 Derajat
    Agar AC tidak terlalu dingin kamu bisa menyalakan AC dengan suhu awal 28 derajat. Hal ini dilakukan agar suhu tubuh beradaptasi terlebih dahulu. Tubuh akan kaget jika kamu mengatur suhu terlalu rendah. Jika suhu 28 derajat kurang dingin atau terlalu panas, kamu bisa mengatur suhu AC secara bertahap. Ubah suhu satu persatu agar tidurmu lebih nyaman.
  • Menaikkan Suhu Ketika Sudah Benar-benar Mengantuk
    Tips selanjutnya agar suhu AC tidak terlalu dingin adalah dengan menaikkan suhu sebelum tidur atau ketika kamu sudah benar-benar mengantuk. Hal ini dikarenakan tubuh dalam keadaan rileks saat tidur sehingga tidak memerlukan suhu yang terlalu rendah. Kamu bisa menaikkan suhu 2 sampai 3 tingkat lebih tinggi dari suhu semula.
  • Pakai Mode Auto
    Terkadang beberapa orang sering terbangun dari tidur karena suhu AC yang terlalu dingin atau panas. Meski bisa mengatur suhu lewat remote control, tetapi terbangun dari tidur bisa menjadi hal yang mengganggu. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa memanfaatkan mode auto yang akan menyesuaikan suhu ruangan secara otomatis ketika kamu terlelap. Tidak perlu khawatir lagi terbangun di malam hari karena suhu ruangan akan sejuk dan nyaman semalaman.
  • Gunakan Timer untuk Mematikan AC secara Otomatis
    Tips terakhir agar suhu AC tidak terlalu dingin adalah dengan memanfaatkan fitur timer untuk mematikan AC secara otomatis. Biasanya udara menjelang dini hari mulai dingin dan beberapa orang dapat terbangun akibat suhu yang terlalu rendah. Agar tidak kedinginan, kamu bisa bebas menentukan waktu timer untuk mematikan AC sesuai dengan keinginanmu. Tidak perlu bangun dan menyesuaikan suhu sendiri karena AC akan mati secara otomatis.

 

Visi Misi

Visi :
Menjadi salah satu jasa Service AC yang berpengaruh di Indonesia pada umumnya dan di Medan dan Sumatera Utara Khususnya. Menjadikan Service AC CV Sahabat Indo Grub menjadi pilihan utama masyarakat dalam mengatasi masalah pada mesin pendingin. Menjadi Perusahaan CV Sahabat Indo Grub Jasa Service AC yang dipercaya dan menyenangkan bagi pelanggan.

Misi :
Memberikan pelayanan serta solusi yang cepat dan tepat kepada pelanggan dalam mengatasi permasalahan mesin pendingin. Meningkatkan mutu pelayanan dibidang jasa service ac atau mesin pendingin. Menjalin hubungan baik dengan seluruh pelanggan dan memastikan pelanggan mendapatkan pelayan yang terbaik. Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan perusahaan CV Sahabat Indo Grub.



Address

Jl. Karya Sastra No.9, Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371

+082272686688 - 081360621210

cvsahabatindogrub@gmail.com