AC Tidak Bisa Dihidupkan dengan Remote? Bisa Jadi Ini Penyebabnya !


Pendingin ruangan atau AC yang tidak bisa dihidupkan dengan remote bisa menjadi suatu hal yang mengganggu dan membingungkan bagi orang awam. Terkait hal ini, tidak sedikit orang mengira bahwa baterai remote AC telah habis. Sayangnya, saat baterai remote AC telah diganti, AC tetap tidak bisa dihidupkan dengan remote AC. Lantas, apa yang menyebabkan AC tidak bisa dihidupkan dengan remote? Apakah indoor AC yang rusak atau remote AC yang rusak?

Sensor pada AC maupun remote AC adalah sesuatu yang sangat penting, agar AC bisa diatur sesuai dengan tombol-tombol yang ada di remote AC. Apabila sensor AC atau remote AC tidak berfungsi atau bermasalah, maka tentu saja AC tidak bisa diatur sesuai tombol yang kamu tekan. Ada beberapa penyebab mengapa AC tidak bisa dihidupkan dengan remote AC, yakni sensor AC rusak, remote AC tidak berfungsi, IC control rusak, hingga power supply atau regulator mati.

Inilah ulasan penyebab sensor AC dan remote AC tidak berfungsi dan cara mengatasinya. 1. Sensor AC rusak Penyebab sensor AC rusak disebabkan 2 hal. Pertama, sensor terkena air pada saat penyemprotan ke evaporator atau terkena tetesan air ketika melakukan pendinginan. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan air pada sensor menggunakan hair dryer agar cepat kering atau dengan cara dijemur.   Kedua, sensor AC yang rusak bisa disebabkan oleh usia atau lama pemakaian. Cara untuk mengetahuai sensor AC rusak atau tidak yaitu harus diukur menggunakan multitester (alat tes yang dapat mengukur beberapa jenis pengukuran listrik).

2. Remote AC tidak berfungsi Remote AC yang tidak bisa berfungsi dapat dicek dengan cara mendekatkan remote AC ke sensor AC. Apabila remote AC tidak berfungsi maksimal jika tidak didekatkan pada sensor AC, maka yang harus kamu lakukan adalah mengganti baterainya dengan yang baru. Inilah cara memeriksa apakah remote AC berfungsi. Tekan tombol remote control untuk melihat apakah led menyala atau tidak, dengan cara memakai kamera hp atau kamera digital.

Jika lampu LED menyala, maka kondisi remote AC dalam keadaan normal. Namun, Apabila lampu LED tidak menyala setelah diganti baterai, berarti remote AC dalam keadaan rusak. Akan tetapi, jika lampu LED menyala namun remote AC tidak berfungsi, penyebabnya adalah komunikasi nirkabel inframerah tidak dapat menerima data antara remote AC dengan sensor AC. Kegagalan fungsi inframerah tidak dapat menerima maupun mengirim data bisa diakibatkan kerusakan pada perangkat AC. Untuk menghidari masalah ini, pastikan remote AC yang kamu pakai adalah yang remote AC original, bukan remote AC universal. Selain itu, pastikan remote AC milikmu berada pada tempat yang aman, agar terhindar dari pijakan yang tak disengaja.

3. IC control rusak. Khusus kerusakan IC control tidak bisa dilakukan sendiri. Oleh sebab itu, kamu harus menyerahkan masalah ini pada teknisi AC profesional.

Serahkan tugas ini kepada ahli nya seperti "SAHABAT TEKNIK"

Booking Jasa Service AC/Kulkas dan Mesin Cuci
SAHABAT TEKNIK
Telp/Wa : 085276321248 / 082272686688
Fb : Sabahat Teknik
IG : @sahabatteknik_
Email : sahabattekniktembung@gmail.com

Visi Misi

Visi :
Menjadi salah satu jasa Service AC yang berpengaruh di Indonesia pada umumnya dan di Medan dan Sumatera Utara Khususnya. Menjadikan Service AC CV Sahabat Indo Grub menjadi pilihan utama masyarakat dalam mengatasi masalah pada mesin pendingin. Menjadi Perusahaan CV Sahabat Indo Grub Jasa Service AC yang dipercaya dan menyenangkan bagi pelanggan.

Misi :
Memberikan pelayanan serta solusi yang cepat dan tepat kepada pelanggan dalam mengatasi permasalahan mesin pendingin. Meningkatkan mutu pelayanan dibidang jasa service ac atau mesin pendingin. Menjalin hubungan baik dengan seluruh pelanggan dan memastikan pelanggan mendapatkan pelayan yang terbaik. Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan perusahaan CV Sahabat Indo Grub.



Address

Jl. Karya Sastra No.9, Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371

+082272686688 - 081360621210

cvsahabatindogrub@gmail.com