Pengertian AC, Fungsi dan Cara Kerja AC


 Saat ini AC menjadi barang kebutuhan banyak orang dan bukan lagi tergolong barang mewah karena tidak sedikit orang menggunakannya.

Pengertian AC– Saat ini AC menjadi barang kebutuhan banyak orang dan bukan lagi tergolong barang mewah karena tidak sedikit orang menggunakannya. Cara kerja dan fungsi AC yang mampu menyejukkan suhu ruangan ini tentu sangat bermanfaat bagi wilayah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Ada baiknya jika anda mengenal AC secara lengkap sebelum membelinya, mulai dari pengertian AC, fungsi, apa saja komponen hingga jenis-jenis AC.

Pengertian AC

AC atau air conditioner adalah sebuah alat atau mesin yang mampu mengatur kestabilan suhu ruangan serta kelembaban udara di dalamnya. Dengan penggunaan air conditioner ini maka suhu ruangan dapat diatur sesuai keinginan dan kebutuhan serta nyaman bagi tubuh.

Tak heran jika AC menjadi fasilitas wajib sebagai pendukung produktifitas di berbagai tempat seperti kamar hotel, berbagai ruangan di perusahaan, ruangan sekolah, Café, Mall maupun perkantoran.

Selama ini, AC dikenal sebagai alat penyejuk atau pendingin ruangan. Padahal alat ini sebenarnya juga bisa digunakan sebagai penghangat atau pemanas ruangan. Jadi AC bisa dimanfaatkan berdasarkan dua fungsi yang berbeda tergantung kebutuhan pemakainya.

Alat ini pertama kali ditemukan oleh Wilis Haviland Carrier pada tahun 1902 dengan AC modern berskala besar yang menggunakan energi listrik.

Fungsi AC

Fungsi AC tidak hanya membuat udara ruangan menjadi sejuk, tetapi AC juga mampu mengatur kelembapan udara dan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan sehingga tercipta kondisi udara yang berkualitas, sehat dan tentu nyaman bagi tubuh.

Jadi, AC atau air conditioner dapat mengkondisikan udara di ruangan pada tiga hal, yaitu : suhu, kelembapan dan kebersihan udara.

1.Mengatur Suhu Udara

Fungsi utama AC yaitu mengatur suhu atau temperature di dalam ruangan. Suhu ruangan dapat diatur sesuai keinginan melalui remote control pelengkap AC. Pada remote control tersebut besar suhu dapat dengan  mudah disesuaikan dari angka yang ditampilkan.

Pada umumnya, AC memiliki suhu terendah 16 derajat Celcius dan suhu tertinggi sebesar 30 derajat celcius.

2. Menjaga Kelembapan Udara

Meski AC dapat membuat suhu ruangan menjadi dingin, AC juga berfungsi sebagai mengatur kelembapan udara pada ruangan tersebut. Agar kelembapan udara selalu terjaga, maka AC harus diatur dengan suhu ideal, yaitu sekitar 24o – 26° Celcius.

Pengaturan suhu AC yang terlalu dingin akan menyebabkan kelembapan udara pada ruangan rendah. Hal ini akan mengakibatkan kekeringan pada kulit dan ketidaknyamanan pada tubuh seperti pegal atau pusing.

3. Membersihkan Udara

Air Conditioner juga mampu membersihkan udara pada ruangan. AC telah dilengkapi dengan komponen filter udara yang  berfungsi untuk menyaring berbagai debu dan kotoran yang ada di udara. Sehingga udara pada ruangan selalu terjaga lebih bersih dan sehat bagi penghuninya.

Agar fungsi ini terus bekerja, pastikan filter AC selalu dalam keadaan bersih. Filter AC perlu dibersihkan secara rutin dan benar agar udara kotor tetap bisa tersaring hingga menjadi bersih.

4. Refrigeran (Bahan Pendingin)

Refrigeran merupakan zat yang dialirkan dalam sistem AC dan berfungsi sebagai bahan pendingin. Pada prinsipnya, refrgeran akan berubah wujud ketika AC sedang bekerja secara terus menerus antara cair dan gas guna menghasilkan suhu udara yang rendah.

Prinsip Kerja sistem AC secara detail adalah sebagai berikut :

  • Pertama saat AC dinyalakan, refrigeran dari evaporator yang bertekanan rendah mengalir ke kompresor sehingga menjadi gas bertekanan tinggi dan memiliki suhu yang panas.
  • Gas refrigeran yang bertekanan dan bertemperature tinggi ini mengalir menuju kondensator di dalam tube oil dan panas akan dilepaskan ke luar ruangan oleh kipas/fan. Selama proses pelepasan panas ini, gas refrigeran berubah menjadi cairan dan suhunya turun.
  • Refrigeran cair memasuki ke dalam katup ekspansi. Katup ekspansi ini berfungsi untuk membatasi aliran cairan dan mengurangi tekanan sehingga suhu refrigeran semakin turun dan lebih dingin daripada suhu ruangan.
  • Refrigeran dingin memasuki kumparan pendingin (Cooling coil) pada evaporator. Kemudian refrigeran akan menyerap panas dalam ruangan melalui kumparan pendingin tersebut sehingga menjadi dingin. Dan kipas evaporator akan menghembuskan udara dingin ke dalam ruangan.
  • Proses kerja tersebut terjadi secara berluang dan terus menerus hingga terjadi pendinginan pada sebuah ruangan.
  • Booking Jasa Service AC/Kulkas dan Mesin Cuci
    SAHABAT TEKNIK
    Telp/Wa : 085276321248 / 082272686688
    Fb : Sabahat Teknik
    IG : @sahabatteknik_
    Email : sahabattekniktembung@gmail.com

 

Visi Misi

Visi :
Menjadi salah satu jasa Service AC yang berpengaruh di Indonesia pada umumnya dan di Medan dan Sumatera Utara Khususnya. Menjadikan Service AC CV Sahabat Indo Grub menjadi pilihan utama masyarakat dalam mengatasi masalah pada mesin pendingin. Menjadi Perusahaan CV Sahabat Indo Grub Jasa Service AC yang dipercaya dan menyenangkan bagi pelanggan.

Misi :
Memberikan pelayanan serta solusi yang cepat dan tepat kepada pelanggan dalam mengatasi permasalahan mesin pendingin. Meningkatkan mutu pelayanan dibidang jasa service ac atau mesin pendingin. Menjalin hubungan baik dengan seluruh pelanggan dan memastikan pelanggan mendapatkan pelayan yang terbaik. Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan perusahaan CV Sahabat Indo Grub.



Address

Jl. Karya Sastra No.9, Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371

+082272686688 - 081360621210

cvsahabatindogrub@gmail.com