Cara Mengatasi AC Mati Sendiri


Penyebab AC Mati Sendiri 

Tahukkah Anda kenapa ac mati sendiri? AC bisa mati dengan sendirinya karena beberapa alasan. Salah satu penyebab umum adalah terlalu banyak beban pada sistem listrik yang menyebabkan pemutusan daya. Selain itu, suhu yang berlebihan atau kelembapan yang tinggi juga bisa memicu perlindungan termal dan membuat AC mati sementara. Kondisi kabel atau konektor yang rusak juga dapat mengganggu aliran listrik dan menyebabkan AC mati secara otomatis. 

  1. Thermostat Salah Tempat
  2. Filter Udara Kotor
  3. Modul AC Error
  4. Unit AC Bocor
  5. Kondensor Kotor
  6. Kompresor Rusak
  7. Kapasitor AC Rusak
  8. Freon Bocor atau Kurang
  9. Timer AC Menyala/Aktif
  10. Masalah di Tombol Power AC
  11. Evaporator Beku
  12. Outdoor AC Rusak
  13. Blower Indoor Macet

Cara Mengatasi AC Mati Sendiri 

Terkadang, AC dapat mati secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan atau alasan yang jelas. Jika Anda menghadapi masalah ini, ada beberapa cara mengatasi ac tiba-tiba mati sendiri berikut: 

1. Bersihkan Filter Udara

Jika AC sudah lama tidak dibersihkan, filter udara mungkin menjadi tersumbat oleh kotoran. Anda dapat membuka dan membersihkan filter udara dengan hati-hati menggunakan kompresor angin atau sikat. Jika filter rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru. Pastikan filter udara sudah kering sepenuhnya sebelum memasangnya kembali. Filter udara yang basah bisa mengganggu sirkulasi udara. Ini juga dapat mengakibatkan AC mati sendiri setelah dicuci.

2. Isi Ulang Freon

Jika AC tidak dingin dan ada kebocoran pada freon, segera panggil teknisi AC untuk mengisi ulang freon dan memperbaiki kebocorannya. Kebocoran freon perlu segera diatasi oleh ahli karena berbahaya.

3. Periksa Thermostat

Cek baterai thermostat, pastikan tidak lemah atau habis. Jika perlu, ganti baterai tersebut. Selain itu, pastikan posisi thermostat tidak terkena sinar matahari langsung dan hindari meletakkannya di tempat dengan suhu panas.

4. Bersihkan Kondensor AC

Kondensor yang kotor dapat mengganggu kinerja AC dan menyebabkan suhu dingin tidak maksimal. Lakukan pemeliharaan rutin dengan membersihkan kondensor, filter udara, dan evaporator. Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan AC bekerja lebih keras. Beban kerja yang berlebihan bisa menyebabkan AC mati sendiri untuk melindungi sistem. Ini dapat mengakibatkan AC mati sendiri setiap 30 menit.

5. Mematikan Timer AC

Jika ac mati tapi remot nyala, periksa apakah fitur timer dalam posisi aktif. Anda bisa mematikannya melalui remote sesuai dengan instruksi pada masing-masing merk AC. 

6. Periksa Switch Indoor

Jika switch on-off atau tombol indoor AC rusak, ini bisa menyebabkan AC mati dan hidup secara tiba-tiba. Anda bisa memperbaiki tombol tersebut melalui teknisi dengan soldering atau menggunakan remote sebagai alternatif.

Jika ac anda masih tidak hidup, akan lebih baik jika menghubungi teknisi AC yang terpercaya dan profesional yaitu CV. SAHABAT INDO GRUB kami akan membantu segala masalah AC anda 

 

Booking Jasa Service AC /Kulkas dan Mesin Cuci
CV.SAHABAT INDO GRUB
Telp/WA : 0852-7632-1248/ 0823-6665-3248
Fb           : cv.sahabatindogrub
Ig            : cv.sahabatindogrub
Email      : cvsahabatindogrub@gmail.com

Visi Misi

Visi :
Menjadi salah satu jasa Service AC yang berpengaruh di Indonesia pada umumnya dan di Medan dan Sumatera Utara Khususnya. Menjadikan Service AC CV Sahabat Indo Grub menjadi pilihan utama masyarakat dalam mengatasi masalah pada mesin pendingin. Menjadi Perusahaan CV Sahabat Indo Grub Jasa Service AC yang dipercaya dan menyenangkan bagi pelanggan.

Misi :
Memberikan pelayanan serta solusi yang cepat dan tepat kepada pelanggan dalam mengatasi permasalahan mesin pendingin. Meningkatkan mutu pelayanan dibidang jasa service ac atau mesin pendingin. Menjalin hubungan baik dengan seluruh pelanggan dan memastikan pelanggan mendapatkan pelayan yang terbaik. Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan perusahaan CV Sahabat Indo Grub.



Address

Jl. Karya Sastra No.9, Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371

+082272686688 - 081360621210

cvsahabatindogrub@gmail.com