Mengenal Komponen AC: Bagaimana Bisa Menghasilkan Dingin?


Apa Saja Komponen pada AC?

AC dapat menghasilkan udara dingin secara optimal bila berbagai komponen di dalamnya bekerja dengan baik. Yuk, simak komponen air conditioner yang perlu diketahui agar Anda tahu kapan perlu melakukan perawatan atau maintenance AC secara rutin.

AC yang dipasang di rumah umumnya AC split yang terdiri dari dua bagian, yaitu unit yang terpasang di dalam ruangan (indoor) dan unit yang terpasang di luar ruangan (outdoor). Berikut komponen dasar penunjang AC:

1. Kompresor

Ini adalah komponen utama pada AC. Ada 3 fungsi utama kompresor pada AC:

  • Fungsi pengisap: membuat cairan refrigerant dari evaporator dikondensasi dalam temperatur yang rendah ketika tekanan refrigerant dinaikkan.
  • Fungsi penekanan: membuat gas refrigerant dapat ditekan sehingga temperatur dan tekanannya tinggi, lalu disalurkan ke kondensor untuk kemudian dikabutkan pada temperatur yang tinggi.
  • Fungsi pemompaan: secara terus-menerus mensirkulasikan refrigerant berdasarkan isapan dan kompresi.

2. Kondensor

Kondensor mengubah wujud refrigerant dari gas menjadi cair (proses kondensasi) sekaligus menurunkan suhunya (proses pengembunan gas freon). Mekanismenya adalah kondensor menghilangkan panas dari refrigerant ke temperatur atmosfer.

Komponen AC ini terdapat di unit outdoor karena fungsinya membuang panas. Refrigerant yang telah berubah wujud menjadi zat cair kemudian mengalir ke pipa evaporator untuk dibuang.

3. Evaporator

Evaporator menyerap udara panas dari dalam ruangan. Di dalam evaporator terjadi proses penguapan atau evaporasi. Udara yang masuk ke dalam evaporator melewati refrigerant yang mampu menurunkan panas dan menghasilkan udara yang lebih dingin.

4. Blower atau Fan

Blower pada unit indoor bentuknya seperti tabung bersirip yang berfungsi mengembuskan udara dingin. Sementara, blower pada unit outdoor berbentuk seperti kipas dan berfungsi membuang udara panas dan mendinginkan refrigerant. Putaran motor blower biasanya terdiri lebih dari satu tingkat kecepatan (2–3 tingkat kecepatan).

5. Refrigerant atau Freon

Komponen AC ini berbentuk gas atau senyawa kimia. Fungsi utama freon adalah menyerap panas dari sekitarnya dan membuat suhu udara menjadi dingin. Itu sebabnya, saat freon habis, udara yang diembuskan unit indoor akan jadi tidak dingin.

 

 

Booking Jasa Service AC /Kulkas dan Mesin Cuci
CV.SAHABAT INDO GRUB
Telp/WA : 0852-7632-1248/ 0823-6665-3248
Fb           : cv.sahabatindogrub
Ig            : cv.sahabatindogrub
Email      : cvsahabatindogrub@gmail.com

Visi Misi

Visi :
Menjadi salah satu jasa Service AC yang berpengaruh di Indonesia pada umumnya dan di Medan dan Sumatera Utara Khususnya. Menjadikan Service AC CV Sahabat Indo Grub menjadi pilihan utama masyarakat dalam mengatasi masalah pada mesin pendingin. Menjadi Perusahaan CV Sahabat Indo Grub Jasa Service AC yang dipercaya dan menyenangkan bagi pelanggan.

Misi :
Memberikan pelayanan serta solusi yang cepat dan tepat kepada pelanggan dalam mengatasi permasalahan mesin pendingin. Meningkatkan mutu pelayanan dibidang jasa service ac atau mesin pendingin. Menjalin hubungan baik dengan seluruh pelanggan dan memastikan pelanggan mendapatkan pelayan yang terbaik. Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan perusahaan CV Sahabat Indo Grub.



Address

Jl. Karya Sastra No.9, Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371

+082272686688 - 081360621210

cvsahabatindogrub@gmail.com